TUGAS PURBAKALA INDONESIA

Author: arkeologi unja /


Nama          : Larissa Suchie Clorinda
NIM  : I1C114017
MK   : Purbakala Indonesia (Cagar Budaya)


Benteng Van Der Wijck
 
 (sumber: www.wikipedia.org)
(sumber: www.google.com)

Sejak zaman kerajaan hingga kolonial, banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah seperti benteng, kantor, rumah, stasiun, dan sebagainya. Salah satu bukti peninggalan bersejarah yang berupa bangunan yaitu benteng Van Der Wijck yang ada di Gombong, Jawa Tengah.
Benteng ini merupakan bekas peninggalan kolonial Belanda. Usia benteng ini diperkirakan sekitar ratusan tahun yang lalu pada masa perang Pangeran Diponegoro(1825-1830). Perkiraan ini dikaitkan dengan adanya petilasan Kyai Giyombong dan Kyai Gajahguling di Gombong, Jawa Tengah.
Pada zaman Jepang, benteng Vander Wijck difungsikan sebagai tempat pelatihan anggota PETA(pembela tanah air). Pada masa ini Jepang menutupi tulisan-tulisan Belanda dengan menggunakan cat berwarna hitam. Belanda kembali menguasai Gombong melalui Agresi Militer pada Juli 1947. Belanda menciptakan garis demarkasi atau garis batas yang dikenal dengan nama Demarkasi Van Mook sebagai batas kekuasaan Belanda-Indonesia. Kompleks benteng Van Der Wijck ini digunakan sebagai markas pertahanan terdepan untuk menghadapi kekuatan republik Indonesia yang berada di timur sungai Kemit.
Setelah Belanda meninggalkan Indonesia, benteng ini di manfaatkanoleh TNI-AD berkerjasama dengan pihak swasta selaku investor, di gunakan atau dikembangkan sebagai daya tarik wisata pada tahun 2000 silam hingga sekarang. Benteng ini kini di lengkapi dengan berbagai ragam fasilitas, seperti: permainan anak, rel kereta api kecil yang terletang pada atas atap benteng yang digunakan untuk berkeliling benteng, gedung pertemuan, serta hotel wisata yang masih mempertahankan arsitektur asli bangunan.
Berikut adalah data teknis dari benteng Van Der Wijck:
  • Luas Benteng atas 3606,625m2
  • Benteng bawah 3606,625 m2
  • Tinggi Benteng 9,67 m, ditambang cerobong 3,33 m.
  • Terdapat 16 barak dengan ukuran masing-masing 7,5 x 11,32 m.
  • Ketinggian: +125 m dpl.

(sumber artikel: http//www.wikipedia.org, ....)

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.