Purbakala Indonesia

Author: arkeologi unja /



PURBAKALA INDONESIA
(CAGAR BUDAYA)
NAMA : OKTA DWI SAPUTRI
NIM : I1C114020
“TUGU PERJUANGAN RAKYAT BEKASI”
19 monumen perjuangan rakyat
(Sumber foto : Jakarta.panduanwisata.com)

          Monumen ini dibangun pada tahun 1975 pada saat itu dipimpin oleh Bupati Abdul Fatah, tujuan dari pada pembangunan monumen ini yakni ingin melambangkan perjuanagn rakyat yang gigih dan patriotism serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, dalam memperjuangkan daerah front perjuangan di Bekasi, sehingga sampai saat ini diberi nama ‘TUGU PERJUANGAN RAKYAT BEKASI”.
Monumen ini terletak dijalan Ahmad Yani Bekasi, tinggi dari pada monument ini 17 meter, dan secara fisik monument ini terpancang 5 buah tugu yang saling berhadapan satu sama lain, selain itu dibagian tengahnya terdapat kolam yang berbentuk 5 tiang pancang yang memaknai pancasila.Didepan monumen terdapat ukiran sebuah syair seorang sastrawan terbaik Indonesia yaitu Chairil Anwar. Dibelakang dari pada monumen ini terdapat relief perjuangan rakyat Bekasi mulai dari Jaman Tuan Tanah, Jaman Belanda, Jaman Jepang hinngga Jaman Kemerdekaan.
Disekitar kelima tugu tersebut terdapat kolam yang berbentuk persegi lima yang berisi air dengan pancaran air mancur sebanyak 17 buah maksud ataupun makna dari pada kolam dan air itu merupakan gambaran akan nikmatnya Allah yang sangat besar bagi daerah Bekasi.
Sumber (http:m.bekasikota.go.id/readotherskpd/128/294/monumen-sejarah-dancagar-budaya-bekasi)

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.