tugas purbakala indonesia

Author: arkeologi unja /


NAMA                       : RESNA KRISTIANI
NIM                           : I1C114002
MATA KULIAH         : PURBAKALA INDONESIA
                                          
TANGGAL POSTING : 26 SEPTEMBER 2014

                                          PULAU BERHALA
paradisonesia.blogspot.com/2012/10/prov-jambi-pulau-berhala.html




    Pada zaman melayu kuno, Kota Jambi mendapat kan keuntungan dari aktifitas perdagangan antara asia barat dan negara china. Oleh karena itunegara china sumber mengenai latar belakang sejarah jambi .


Propinsi Jambi berbagai budaya, tetapi pada dasarnya budaya melayu salah satunya sepanjang sungai batanghari, kita masih bisa melihat orang yang tinggal di rumah panggung yang terbuat dari kayu lokal .
Panjang sungai batanghari  kurang lebih 1.740 kilometer persegi dan lebar sungai pada kisaran antara 200-650 meter .


Pulau berhala adalah pulau yang memiliki panorama pantai pasir putih dan batuan pulkanik yang sangat indah . Pulau yang luas nya kurang lebih 10 km persegi ini pada bagian barat mempunyai pantai yang landai dan pada bagian timur mempunyai tebing-tebing batu karang yang cukup curam.
Dalam keadaan laut surut  pulau berhala dapat di kelilingin dengan berjalan kaki dalam waktu 6jam .

Bukit yang mempunyai ketinggian sekitar 2.000 meter. Terdapat pada bagian tengah pulau dan disini di temui dua buah peninggalan sejarah dan budaya di antaranya makam datu paduko berhala.
Dengan jalan kaki menyusuri bukit melalui jalan setapak kurang lebih 150 meter akan kita jumpai makam seorang pengembang islam di jambi, bernama Ahmad salim yang di gelari Datuk Paduko Berhala . beliau menikah dengan putri raja jambi, putri selaras  pinang masak dan kemudian hari keduanya memerintah kerajaan jambi .
Terdapat pula benteng peninggalan jepang pada salah satu bukit di pulau berhala ini .

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.